Pendidikan vokasi adalah pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang siap pakai di dunia industri. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah melalui pendekatan Teaching Factory dan Program Keahlian Teknik Grafika. Teaching Factory adalah sebuah metode pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan formal dengan praktik industri di dalam lingkungan sekolah. Konsep ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada siswa dan membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dalam dunia kerja. Dalam konteks ini, artikel ini akan membahas tentang studi tiru yang dijalankan oleh SMK Islam Al-Ikhlas dengan mengadopsi konsep Teaching Factory dan Program Keahlian Teknik Grafika yang telah berhasil diterapkan oleh SMK N 4 Malang. SMK Islam Al-Ikhlas dapat menggunakan pengalaman dan pengetahuan SMK N 4 Malang untuk mengembangkan kurikulum dan infrastruktur yang terkait dengan praktik industri di dalam lingkungan sekolah. Salah satu manfaat utama dari studi tiru ini adalah adanya transfer pengetahuan dan pengalaman dari SMK N 4 Malang kepada SMK Islam Al-Ikhlas, SMK Islam Al-Ikhlas dapat mempelajari bagaimana SMK N 4 Malang menjalin kerjasama dengan industri lokal untuk menyediakan tempat praktik kerja bagi siswa. Hal ini akan membantu SMK Islam Al-Ikhlas mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang kebutuhan industri di daerah mereka. Selain itu, SMK Islam Al-Ikhlas juga dapat mempelajari strategi pengelolaan Teaching Factory dan Program Keahlian Teknik Grafika yang telah diterapkan oleh SMK N 4 Malang. Mereka dapat mempelajari bagaimana merancang kurikulum, mengelola fasilitas, dan melibatkan tenaga pengajar serta industri dalam proses pembelajaran. Langkah selanjutnya setelah studi tiru ini adalah mengadaptasi pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dari SMK N 4 Malang agar sesuai dengan konteks dan kebutuhan SMK Islam Al-Ikhlas. Hal ini dapat melibatkan diskusi dengan pihak terkait, seperti siswa, tenaga pengajar, dan industri lokal, untuk menentukan langkah-langkah implementasi yang paling efektif. Dengan mengadopsi konsep Teaching Factory dan Program Keahlian Teknik Grafika, SMK Islam Al-Ikhlas dapat meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Siswa akan mendapatkan pengalaman praktis yang berharga dan relevan dengan dunia kerja, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan di dunia industri setelah lulus. Secara keseluruhan, studi tiru yang dilakukan oleh SMK Islam Al-Ikhlas dengan mengadopsi konsep Teaching Factory dan Program Keahlian Teknik Grafika dari SMK N 4 Malang merupakan langkah yang cerdas dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Semoga pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua sekolah serta siswa-siswa mereka.